Monday, December 28, 2015

Sekilas Mengenai Teknik Energy

Sekilas Tentang Teknik Energi (Polban)

image 

          Posting ini gue tunjukin khusus buat para siswa tua yang lagi galau seribu bahasa. Galau karna bentar lagi UN dan galau mau ngelanjutin kemana kalau udah lulus. Hahahaha kasiaaan deh galau, makanya jangan sekolah kalau gak mau galau. #nasehatgagal
Hahaha gak aneh sih kalau para twelvers of high school masa-masa sekarang lagi pada dilema. Malah kalau gak dilema, berarti siswa itu bisa dikatakan gak normal! Dilemanya hore banget lah pokoknya. Tapi gue juga udah ngerasain apa yang kalian rasain sekarang kok. Dan Alhamdulillahnya gue udah berhasil ngelaluin masa-masa itu, udah berkorban macem-macem. Kalau menurut gue masa-masa yang kalian rasain sekarang itu masa-masa yang tersulit.

Nah, sekedar promosi aja ni ye. Buat kalian yang masih bingung mau ngelanjutin kemana, gue punya saran yang gue rasa it’s solutive enough.

Kalian harus masukin prodi Teknik Konversi Energi kedalem salah satu pilihan kalian ngelanjutin studi, khususnya Teknik Konversi Energi yang ada di Politeknik Negeri Bandung, my lovely almamater.
         Pasti deh kalau pertama kali ngedenger atau ngebaca Teknik Konversi Energi, pertanyaan yang pertama muncul itu… “Teknik Konversi Energi itu apa? Kuliahnya ngapain aja? Belajarnya apa aja? Prospek kerjanya gimana”. Pertanyaan yang klasik. Sip.
Well, Teknik Konversi Energi itu adalah salah satu bidang teknik yang khusus mempelajari dan merancang mesin yang bisa merubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. Bentuk dari sumber energinya maupun energi yang dikonversikannya bisa macem-macem dan luas banget. Tapi biasanya kalau Teknik Konversi Energi yang ada di perguruan tinggi itu khusus buat mengkonversi dari bentuk energi apapun (bisa panas, gerak, gelombang, air, angin, surya, dll) ke energi listrik. Nah, yang perlu kalian tau, Teknik Konversi Energi ini adalah bagian dari Teknik Mesin (Mechanical Engineering) dan biasanya pendidikan tinggi yang nyelenggarain prodi Teknik Konversi Energi itu cuma Politeknik. Jadi, kalau kalian mau belajar tentang Teknik Konversi Energi tapi cuman mau kuliah di Universitas biasa, ya kalian harus ngambil Teknik Mesin.
Oke lanjut ya. Di Teknik Konversi Energi kita bakal belajar tentang pengkonversian energi dan perancangan mesin konversi energi, tujuannya biar kita bisa merubah energi satu (diutamain yang dapat diperbaharui) ke listrik dengan efisiensi yang tinggi. Nah, kalau yang gue rasain di Politeknik sendiri, gue belum dapet pelajaran yang real energy conversion. Kan gue masih baru. hehehe. Entar deh kalau gue udah dapet gue ceritain.
image

Next, kalau ditanya di Teknik Konversi Energi kuliah apa aja? Ini gue sedikit ceritain ya yang semester 1 sama 2 nya aja (menurut kurikulum Polban tahun 2011).
          1. Semester I
  • Sumber-sumber Energi = Disini kita belajar apa aja sih sumber energi yang bisa kita rubah ke bentuk lainnya, terutama sumber energi terbarukan. Disini juga kita dikasih tau keadaan energi dunia yang lagi krisis dan itu nuntut kita buat nyari energi alternatif lainnya. Kita juga belajar sedikit manajemen energi sama keekonomian energi dunia.
  • Matematika Terapan = Matematikanya khusus anak teknik, gak semua materi yang ada di matematika dipelajari. Tapi cuman materi yang emang dibutuhin dalam dunia keteknikan. Kaya diferensial, integral, fungsi, dll.
  • Kimia Terapan = Kimianya khusus anak teknik juga, dan gak semua materi dipelajar sama kaya matematika terapan. Contohnya energetika kimia, reaksi kimia, dll.
  • Fisika Terapan = Fisikanya khusus anak teknik. Materinya kebanyakan mekanika sama dinamika, selain itu gak dipelajari. hehe
  • Rangkaian Listrik = Disini kita belajar all about electricity terutama dalam rangkaiannya. Hukum-hukum yang ada di dunia kelistrikan, cara ngerangkai listrik, dll.
  • Teknik Bahan = Kita bakal belajar tentang bahan apa aja sih yang cocok buat mesin konversi energi kita. Soalnya gak semua bahan cocok sama mesin yang bakal kita buat.
  • Gambar Teknik Mesin = It’s the mix of art and engineering. Kita belajar gimana ngegambar komponen-komponen mesin dengan benar dengan kaidah yang disetujui secara internasional.
  • Pendidikan Agama = Gak usah dijelasin kan pasti udah tau. Hahaha bedanya mungkin kalau pendidikan agama di kuliahan lebih disambungin sama sains.
  • Keselamatan dan Kesehatan Kerja = Karna kita belajar di Politeknik yang notabene ngasilin lulusan yang siap kerja, kita perlu belajar ini biar kita tau gimana kerja yang aman dan gak ngebahayain diri sendiri sama orang lain.
          2. Semester II
  • Elektronika = Ini tuh kayak mata kuliah rangkaian listrik tapi komponennya lebih kecil dan lebih useful.
  • Dasar Pemrograman = Kita belajar gimana cara ngeprogam komputer pakai bahasa pascal. Kenapa perlu? Soalnya sekarang kan kalau ngejalanin mesin udah pake komputer yang diprogram.
  • Termodinamika = It’s the basic of Energy Conversion Engineering. Kita belajar gimana panas berpindah, gimana energi berpindah dalam bentuk usaha atau kalor.
  • Matematika Terapan II = Mirip-mirip matematika terapan I, tapi ini lebih diperdalam lagi.
  • Mekanika Fluida = Lanjutan dari fisika terapan. Kita belajar gimana sih fluida berpindah, sifat-sifat fluida sama gerakannya, dan karakteristik fluida.
  • Teknologi Mekanik = Ini mata kuliah yang paling seru! Disini kita belajar dasar yang bakal kita gunain nanti di dunia keteknik mesinan kaya kerja bangku, ngelas (welding), bubut, dan kerja proyek.
  • Bahasa Indonesia = Beda banget sama Bahasa Indonesia di SMA. Di sini sama sekali gak ada sastra, yang ada cuma gimana buat artikel ilmiah yang baik, tata penulisan karya ilmiah, dll.
  • Gambar Teknik Listrik = Kita bakal belajar gimana sketsa penginstalasian listrik di suatu tempat kaya rumah, hotel, gedung, dll.
  • Instrumentasi = Disini dipelajari cara ngukur yang bener, teknik pengukuran, alat ukur, dll.
GItu deh kira-kira mata kuliah yang kalian bakal dapet kalau kalian masuk Teknik Konversi Energi. Oh iya, inget ya kalau kuliah di Politeknik, skill kalian dituntut. Ini berguna soalnya ngemudahin kita nyari kerja.
Sebenernya di Polban sendiri ada satu lagi prodi yang berhubungan sama keenergian. Teknologi Pembangkit Tenaga Listrik. Gak jauh beda kok sama Teknik Konversi Energi, cuman bedanya kalau TPTL lebih diperdalam lagi kelistrikannya. Mata kuliahnya hampir sama kok.
Kalau fasilitasnya jangan ditanya. Polban punya laboratorium energi no 1 di Indonesia. Hehehe. Ada lab PLTA, PLTB, PLTP, PLTU, PLTD, audit energi, solar cell, lab mekanik, lab hidro. dll.
Terakhir buat prospek kerja. Udah jangan rungsing mikirin itu, yang pasti lulusan Teknik Konversi Energi mah udah pasti diterima kerja. Soalnya, lulusannya sedikit tapi yang minta banyak. Hampir semua perusahaan ngerekrut anak energi. Perusahaan manufaktur turbin, solar sel, perusahaan tambang, perusahaan oil & gas. Perusahaan pembangkit listrik apalagi, mereka emang bener-bener butuh anak energi, soalnya kan perusahaannya ngekonversi energi jadi energi listrik.
Satu alasan kenapa lulusan teknik konversi energi bener-bener dibutuhin adalah sekarang dunia mulai ngalamin yang namanya krisis energi, dimana para ilmuwan sibuk nyari sumber energi baru terutama energi yang bisa diperbaharui. Nah, disitu tuh peran kita sebagai anak energi masbro mbaksis.
Nah, segitu kali ya pembahasan dari gue. Gue tunggu di Teknik Konversi Energi Politeknik Negeri Bandung ya.

Artikel di Copy dari http://anaprianto.tumblr.com/post/47464392858/teknik-konversi-energi 

Artikel Teknik Energi Politeknik Negeri Ujung Pandang silahkan disimak di : https://theanswer97.blogspot.com/2018/10/berkenalan-dengan-jurusan-teknik-energi.html





0 Post a Comment:

Post a Comment

 
;