Saturday, January 9, 2016

Lulus Kuliah Bingung Mau Ambil Jurusan Apa ? Ingin Prospek Cerah ??, Pertimbangkan Jurusan Ini

Jurusan Kuliah Dengan Prospek Cerah

     Untuk sedikit menjamin masa depan sobat,sebaiknya sobat memilih jurusan yang berprospek baik dan tentunya sesuai dengan minat dan bakat. Yaa, karena memilih jurusan itu bukan hal yang harus dianggap remeh sob. bisa-bisa anda kandas di tengah jalan akibat nggak sesuai minat yang membuat anda terbebani.
      Dengan memilih salah satu jurusan yang ada di dalam daftar ini, bukan berarti jaminan pekerjaan akan menanti Anda. Ingat! Semua kembali ke diri Anda masing-masing dan kesuksesan berada di tangan Anda sendiri.


Berikut adalah jurusan-jurusan dengan prospek cerah saat ini dan nanti :

1. Pertambangan & Perminyakan (IPA)
       Sampai saat ini bidang perminyakan masih terus akan menjadi primadona karena gajinya yang menggiurkan. Pembukaan lapangan baru di Cepu dan Ujung pangkah serta lapangan gas besar di perairan Natuna menjanjikan lapangan kerja yang besar untuk jurusan Perminyakan, Geologi dan Geofisika (Fisika MIPA konsentrasi Fisika Bumi). Lulusan Jurusan-jurusan itu masih sangat sedikit, sementara kebutuhan banyak. Jangan takut tidak dapat kerjaan. Bagaimana tidak, Permintaan sangat besar. Gaji? jangan tanya, kerja 15 tahun mungkin sudah cukup untuk membiayai pensiun Anda. Pembukaan lapangan batubara juga membuat peluang lulusan pertambangan cukup besar. Hanya saja lulusan tambang cukup besar, sekitr 2000 setiap tahun. Beberapa Perguruan Tinggi yang terkenal dengan jurusan Pertambangan & Perminyakannya yaitu ITB, Unsri, Trisakti, UPN Veteran Yogya, dan UVRI Makassar (Pertambangan).

2. Teknik Sipil (IPA)
      Proyek pembangunan jalan tol ribuan kilo akan menjadi lapangan kerja yang besar untuk lulusan jurusan ini. Selain itu pembangunan tentu makin cepat dengan lancarnya transportasi. Untuk Teknik Sipil, Perguruan Tinggi yang terkenal adalah ITB dengan FTSL nya dan untuk Konsentrasi Jalan Tol, setahu saya yang terbaik di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

3. Teknik Elektro (IPA)
      Dijamin, bidang Telekomunikasi sangat berprospek sampai 10 tahun mendatang. Baik untuk Vendor maupun operator. Pertimbangkan baik-baik untuk masuk Teknik Elektro khususnya konsentrasi Telekomunikasi. Elektro telekomunikasi terbaik masih dipegang IT Telkom dan ITB dengan STEI nya.

4. Teknik Mesin,Teknik Fisika,Teknik Industri (IPA)
       Pemerintah mencanangkan percepatan rasio kelistrikan dengan membangun PLTU yang total berkapasitas sekitar 10000 MW sampai 5 tahun mendatang. Dan juga beberapa mega proyek lainnya yang melibatkan berbagai engineer, terutama dari lulusan Teknik Fisika, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Industri. Untuk Jurusan-jurusan ini yang terkenal adalah UI, UGM dan ITB.

5.  Ilmu Komputer/Teknik Informatika/Teknologi Informasi (IPA,IPS)
      Jelas, Perusahaan mana yang nggak butuh staff IT sob ?. lapangan kerjanya tidak akan pernah habis. kesempatan nyari proyek cukup besar. Contohnya sebagai web developer. Banyak instansi yang mulai peduli membuat web. Rate cukup tinggi,. Perguruan Tinggi yang terkenal akan jurusan IT nya yaitu Bina Nusantara (BINUS), UI, dan ITB dengan STEI nya.

6. Teknik Nuklir (IPA)
 Nah, ini nih jurusan yang booming saat ini, Belum lagi Pemerintah sudah mencanangkan Indonesia siap untuk memiliki PLTN. Tunggu apa lagi sob, untuk Jurusan yang banyak dicari tapi lulusannya sedikit, jurusan ini bisa anda pertimbangkan. Soal gaji ? jangan khawatir, setahu saya Gaji lulusan ini hanya bersaing dengan Lulusan Teknik Perminyakan dan Tambang. Perguruan Tinggi yang membuka jurusan ini sangat sedikit, setahu saya sih baru UGM.

7. Pendidikan Dokter (IPA,IPS)
    Bidang ini tidak pernah sepi lapangan kerja. Bukan cuma Kedokteran Umum tapi juga kedokteran gigi, keperawatan dan kebidanan. setiap tahun untuk Arab Saudi saja membutuhkan 2000 perawat dari Indonesia. Tapi masih sulit dipenuhi dan ini adalah peluang yang bagus. Apalagi jika dokter tersebut mengambil lagi Spesialis nya, dan tahu sendiri berapa gaji Dokter Spesialis. Ingat jangan ambil resiko dengan memilih jurusan ini dengan kemampuan yang pas-pasan, karena ini bukan jurusan gampang sob, Universitas yang terkenal yaitu UNHAS,UI, UNPAD, dan UNAIR,UGM.

8. Teknologi Industri Pertanian/Agrobisnis (IPA,IPS)
    Kedua jurusan ini masih sangat bagus prospeknya, dan sekarang mulai dilirik oleh orang banyak karena prospeknya yang bagus. Tapi, mereka bukan bagian exact engineering (di dominasi perhitungan). Sangat bagus jika kemampuan komunikasi dan bahasa anda latih sebaik mungkin jika anda masuk jurusan ini. Kemampuan teknis tidak banyak dibutuhkan. Dan mungkin ditujukan bagi anda yang senang berwiraswasta. Yang terkenal sudah pasti adalah IPB.


9. Teknik Energi (IPA)
     Pengembangan Energi Terbaru sangat butuh banyak pekerja.
Contohnya saja beberapa proyek yang lagi booming semisal : Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA),PLT Mikrohidro,PLT Matahari, Angin,PLT Biodiesel dan Bioethanol,PLT Panas Bumi, dan satu Ingat bidang energi dengan Gaji besarnya,, Lulusan jurusan ini sangat diminati, contohnya saja PT. Freeport,Exxon Mobile,Chevron, dan Pertamina, yang pasti mereka butuh untuk staff energinya.  dan perlu diketahui masih jarang Perguruan tinggi yang membuka jurusan ini kebanyakan dibuka oleh Politeknik, Yang terkenal dengan Prodi dan Jurusan ini adalah, POLBAN (Akreditasi B),Politeknik Negeri Ujung Pandang(PNUP) (Akreditasi B), dan beberapa politeknik lain.
     Buat yang ingin mengenal lagi tentang Teknik Energi silahkan Klik Disini

10. Administrasi, Management, Hubungan Internasional, Politik (IPS)
      Ranah lapangan pekerjaan yang dapat diraih oleh jurusan ini adalah jenis-jenis pekerjaan yang terdapat di institusi-institusi yang bergerak di sektor publik, seperti: pemerintah daerah, kementerian/ departemen, lembaga non departemen, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perguruan tinggi, dan penyedia pelayanan publik. Meskipun demikian, para lulusan Program Studi Ilmu Administrasi Negara tetap didesain untuk adaptif bekerja di sektor privat, misalnya sebagai analis pekerjaan (job anayst), analis kebijakan (policy analyst), dan manajer pelayanan (service manager) di perusahan-perusahan swasta. yang pasti Staff Administrasi Sangat dibutuhkan Sob, begitupun Management,HI,dan Politik

11.  Teknik Kimia (IPA)
       Buat yang suka Matematika dan Fisika, Jurusan ini juga bisa menjadi pilihan. walaupun sejatinya adalah kimia, tapi jurusan ini lebih banyak menyinggung masalah Matematika dan Fisika.Jurusan ini berhubungan dengan produk sehari-hari yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dunia.mulai dari pasta gigi, sabun, cat, dan lain sebagainya ini adalah hasil dari lulusan teknik kimia.Yang terkenal dengan jurusan ini Hampir semua Perguruan tinggi lho yah, tapi untuk sedikit menjamin, mungkin UGM,ITB,UPN V Yogya, dll

12. Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IPA,IPS)
      Ini buat kalian yang cita-citanya pengen jadi guru atau dosen, berarti pas banget karena ternyata banyak banget yang cari pengajar. dari data yang kami ketahui ada sekitar 94.8% almuni dari jurusan pendidikan langsung dapat kerja setelah lulus dari kampus. untuk daerah Sulawesi UnHas,UNM, dan UnTad bisa jadi pilihan anda.

13. Hukum (IPS)
      Bukan rahasia lagi nih, mahasiswa lulusan hukum memang yang tergolong paling cepet dapat kerja dan gajinya lumayan tinggi pula. Survei membuktikan 91.9% lulusan jurusan hukum langsung kerja bro!


Ok sob, Cukup sekian dulu postingan kali ini, yang perlu dipahami kami menulis IPA dan IPS di judul Jurusan bukan berarti hanya Program itu saja yang bisa masuk jurusan itu yah sob,, apapun Mungkin, dan semoga dimudahkan untuk kuliahnya sob, berjuanglah.. salam sukses

Terima Kasih Telah membaca postingan Kami,, Jangan Lupa berkomentar, apabila postingan kami ada yang keliru.. See You 

0 Post a Comment:

Post a Comment

 
;